BERBURU BEASISWA

Written by Miqlo IT on . Posted in Uncategorised

Oleh: Chaerun Anwar (Atase Pendidikan KBRI Beijing)

Melanjutkan pendidikan menengah dan Tinggi di China adalah sudah menjadi impian masyarakat Indonesia yang sebelumnya sangatlah European Centrist, American centrist dan Australian Centrist. Masyarakat Indonesia sejak 4 tahun terakhir ini benar benar melirik pendidikan menengah dan Tinggi di China yang sebelumnya masih mengandalkan Jepang dan korea Selatan sebagai tujuan belajar.

Sebagai Informasi, yang tercatat resmi belajar di China di sekolah menengah (SMP dan SMA) sebanyak 107 orang yang tersebar di sekolah menengah kota Shenzhen, Guangzhou, Nanjing, Beijing dan Shanghai. Sedangkan Mahasiswa yang sedang menempuh S-1, S-2, S-3 sekitar 2634 orang dari total 7000 mahasiswa yang tercatat di kantor Atase Pendidikan. Sementara sebagian besar mahasiswa Indonesia (60%) belajar Bahasa Mandarin untuk short program (6 bulan, 1 atau 2 tahun ).

Menempuh pendidikan tinggi di luar negeri tentunya memiliki keunikan tersendiri, apalagi bila jurusan yang tersedia menuntut kita bisa berbahasa Mandarin, maka kesulitan menjadi berlipat ganda, sulit dibidang ilmunya juga sulit dalam bahasa, maka kompleksitas masalah studi di China menjadi cerita manis dalam perjalanan hidup Mahasiswa Indonesia di negeri Panda ini. Untuk itulah, saya tidak menyarankan adik-adik mahasiswa melakukan kerja paruh waktu (part-time job) untuk menambah-nambah uang saku, karena upah part-time job di China relative kecil dan menyita waktu dan pikiran anda, sebaiknya focus saja dengan kuliahnya. Alih-alih melakukan part-time job sebaiknya mencari beasiswa dengan berprestasi yang tinggi di kampusnya masing-masing. Dengan demikian akan terbuka kemungkinan meminta beasiswa dari universitas tempatnya belajar. Di Beijing misalnya tersedia Beijing Foreign Student Scholarship yang bisa diajukan melalui universitas-nya, jenis beasiswa ini bersifat partial scholarship yaitu pengurangan tuition fee sampai 75% tergantung seberapa tinggi prestasi adik-adik mahasiswa. Pemerintah Kota Beijing menyediakan “Beijing Foreign Student Scholarship” ini untuk menarik pelajar asing yang berbakat untuk belajar dan melakukan penelitian di Beijing, serta mengembangkan persahabatan dengan warga RRC. Program ini diharapkan lebih lanjut dapat berdampak pada banyak hal seperti pengembangan sosial warga Beijing, politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan mewujudkan cita-cita Beijing sebagai kota Metropolitan Internasional, dan mengembangkan daya saing kota Beijing

Berikut ini beberapa Universitas di China pada tahun 2011 yang melalui kantor Atase Pendidikan menawarkan beasiswa-nya sebagai berikut:

1. Nanjing Normal University, menawarkan beasiswa full-scholarship untuk program Master Bahasa Mandarin.

2. Capital University of Economics and Business (CUEB), menawarkan beasiswa partial-scholarship untuk program Bahasa non-gelar, S-1, S-2 dan S-3 semua jurusan.

3. Nanjing Xiaozhuang University menawarkan beasiswa Jasmine Jiangsu Government Scholarship untuk program sarjana, dan master.

4. Southeast University, menawarkan program beasiswa full-scholarship untuk program Master.

5. Guangxi Normal University, menawarkan beasiswa partial-scholarship untuk program bahasa Mandarin.

Jenis Beasiswa Full-scholarship biasanya meliputi biaya pendaftaran, kuliah, buku, asrama, asuransi kesehatan, dan uang saku setiap bulannya. Sedangkan beasiswa Partial Scholarship biasanya: untuk kandidat Doktor dan Magister dibebaskan seluruh uang kuliah (tuition fee); kandidat Sarjana dibebaskan uang kuliah (tuition fee) sebesar RMB. 20.000,- dan sisa-nya diharuskan membayar sendiri; kandidat mahasiswa program Bahasa dibebaskan uang kuliah (tuition fee) sebesar RMB. 10.000,- dan sisa-nya diharuskan membayar sendiri, sedangkan biaya asrama, makan, dan transportasi ditanggung sendiri oleh mahasiswa.

Selain beasiswa dari Pemerintah RRC, adapula beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk belajar di RRC. Beasiswa yang dimaksud adalah Beasiswa Unggulan. Beasiswa unggulan adalah bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada mahasiswa yang meliputi biaya hidup, pendidikan, buku, penelitian, publikasi ilmiah, transportasi, dan asuransi kesehatan. Persyaratan untuk memperoleh Beasiswa ini sebagai berikut:

a. Sudah diterima di Universitas yg diinginkan dengan melampirkan letter of acceptance

b. Mengisi formulir, silahkan dilihat di www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id

c. Melampirkan proposal rencana studi

d. Usia pelamar S-1 tidak lebih dari 21 tahun; S-2 tidak lebih dari 35 tahun; dan S3 tidak lebih dari 45 tahun.

Semua berkas disampaikan ke Kemdiknas Gedung C lantai 6, Jalan Jend Sudirman Senayan Jakarta.

Demikianlah informasi perburuan beasiswa ini, semoga tulisan ini meng-inspirasi adik-adik mahasiswa untuk tetap semangat menyelesaikan belajar-nya di negeri Panda. Ingatlah pepatah “membaca 10.000 jilid buku, berjalan 1000 li

()