INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Written by Miqlo IT on . Posted in Universitas Indonesia

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Hingga tahun 2012 ITB telah memiliki empat program studi yang terakreditasi secara internasional dari salah satu lembaga akreditasi independen Amerika Serikat ABET, di mana ITB merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi internasional tersebut.

Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia-Belanda. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas yang tersedia di kampus di antaranya toko buku, kantor pos, kantin, bank, dan klinik.

Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas agama Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, di antaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga Sasana Budaya Ganesha, Pusat Bahasa, Pusat layanan komputer (ComLabs) dan Observatorium Bosscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung.

Sejarah ITB bermula sejak awal abad kedua puluh, atas prakarsa pemerintah waktu itu. Gagasan mula pendirianya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. Technische Hoogeschool te Bandoeng berdiri tanggal 3 Juli 1920.

ITB didirikan pada 3 Juli 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng (sering disingkat menjadi TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS) dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg- en Waterbouwkunde. ITB juga merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Soekarno meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil.

Pada masa penjajahan Jepang, tepatnya tanggal 1 April 1944, THS dibuka kembali oleh Pemerintah Militer Jepang dengan nama バンドン工業大学 (Bandung Kōgyō Daigaku) setelah ditutup sejak 8 Maret 1942 dengan menyerahnya Hindia Belanda di Kalijati. Kemudian pada masa kemerdekaan Indonesia, tahun 1945, namanya diubah menjadi "Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandung".

Pada tanggal 21 Juni 1946, NICA mendirikan Universiteit van Indonesie dengan Faculteit van Technische Wetenschap sebagai pengganti STT Bandung di lokasi Kampus THS dulu. Sebagian besar pengajarnya adalah para mantan pengajar THS yang baru saja dibebaskan dari penjara Jepang.

Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi di Kota Bandung pada tanggal 2 Maret 1959. Institut Teknologi Bandung lahir didirikan untuk mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, berdasarkan pada kehidupan nyata di Indonesia bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju.

Berdasarkan tingkat kepopuleran perguruan tinggi di internet, dengan jumlah sampel 335 institusi perguruan tinggi (menurut versi 4icu.org) untuk tahun 2012, ITB masih menjadi perguruan tinggi terpopuler di Indonesia.[16] Hingga pertengahan Juli 2012, ITB menempati peringkat ke-13 di lingkup Asia, dan peringkat ke-82 di dunia (satu-satunya yang mewakili Indonesia di dalam Top 200 Colleges and Universities in the world)

Sedangkan menurut penilaian THE-QS tahun 2009, ITB menempati peringkat 80 di dunia dalam bidang Teknik dan IT, satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mampu masuk dalam 100 besar peringkat dunia. Peringkat pertama sendiri diduduki oleh MIT. Kemudian pada tahun 2011 dalam bidang yang sama, peringkat yang ditempati ITB menjadi peringkat 100 di dunia.

Dari tahun 2007 hingga saat ini, khusus untuk bidang Engineering & Technology dan Natural Sciences, ITB menempati peringkat pertama di Indonesia dan satu-satunya kampus di Indonesia yang memperoleh "bintang empat" dari QS World University Rankings.

Pada tahun 2009, QS Asian University Rankings di bidang Engineering & Technology memberikan ITB peringkat ke-21 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia, sementara di bidang Natural Sciences ITB menempati peringkat ke-27 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia. Pada tahun 2010, QS Asian University Rankings di bidang Engineering & Technology memberikan ITB peringkat ke-30 di Asiadan peringkat pertama di Indonesia, sementara di bidang Natural Sciences ITB menempati peringkat ke-35 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia.Pada tahun 2011, QS Asian University Rankings di bidang Engineering & Technology memberikan ITB peringkat ke-26 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia, sementara di bidang Natural Sciences ITB menempati peringkat ke-41 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia. Pada tahun 2012, QS Asian University Rankings di bidang Engineering & Technology memberikan ITB peringkat ke-27 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia, sementara di bidang Natural Sciences ITB menempati peringkat ke-35 di Asia dan peringkat pertama di Indonesia.

 

 

Fakultas/Sekolah dan Program:

  1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (Faculty of Mathematics and Natural Sciences)
  2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (School of Life Science and Technology)
  3. Sekolah Farmasi (School of Pharmacy)
  4.  Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian  (Faculty of Earth Sciences and Engineering)
  5.  Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan  (Faculty of Mining and Petroleum Engineering)
  6.  Fakultas Teknologi Industri  (Faculty of Industrial Technology)
  7.  Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara  (Faculty of Mechanical and Aerospace Engineering)
  8.  Sekolah Teknik Elektro dan Informatika  (School of Electrical Engineering and Informatics)
  9. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan   (Faculty of Civil and Environmental Engineering)
  10. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (School of Architecture, Planning, and Policy Development)
  11.  Fakultas Seni Rupa dan Desain (Faculty of Art and Design)
  12.  Sekolah Bisnis dan Manajemen (School of Bussiness and Management)
  13.  Sekolah Paskasarjana (Graduate School)

 

Alamat:

Institut Teknologi Bandung

Jalan Ganesha 17 Bandung 40132 West Java – Indonesia

T/F. +62-22-2504282

e-mail:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

For student admission:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

For visit: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

http://www.international.itb.ac.id