PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Written by Miqlo IT on . Posted in News

Atase pendidikan KBRI Beijing  bersama dengan Jinhua Polytechnics menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di China yang bertema-kan “Indonesian Young entrepreneur Incubator Program”, akan berlangsung dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 4 Nopember 2013. Kota Jinhua terletak di provinsi Zhejiang yang merupakan provinsi termakmur no 3 di China setelah Guangdong dan Jiangsu. Kota Jinhua juga merupakan salah satu dari 10 kota paling aman di China. Kota Jinhua diapit oleh 2 kota perdagangan dunia (kota jalan sutera baru) yaitu kota Yiwu dan kota Yongkang.

Sebanyak 22 mahasiswa Indonesia peserta pelatihan ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh studi di kota nanning, Nanjing, Tianjin dan Beijing. Peserta program pelatihan ini memperoleh materi perkuliahan seperti Mid-zhejiang business cultural characteristics lecture, Chinese business cultural characteristics and influence, dan International Business practice lecture.

Selain itu peserta pelatihan memperoleh kesempatan magang di kota  Yongkang yang merupakan kota perdagangan dunia bidang komoditi hardware, peserta di titipkan di 2 perusahaan International business trade Company untuk memperoleh pengalaman tentang teknis operasional perusahaan trans nasional.

Magang berikutnya adalah di kota Yiwu yang merupakan kota perdagangan dunia komoditi kecil dan menengah. Di kota ini peserta berkesempatan mempelajari transaksi barang dan pengiriman ke negara tujuan.

 

Dikedua kota tersebut peserta berkesempatan berkenalan dengan pelaku bisnis transnasional yang akan membuka peluang dan jaringan bagi mereka bila terjun kedalam dunia bisnis selepas menyelesaikan studi-nya di berbagai universitas di China untuk kemudian membuka peluang kerja bagi tenaga kerja di dalam negeri.